Amandel (Tonsilitis)

Amandel (Tonsilitis) – Amandel adalah kelanjar yang ada dua jumlahnya berada pada pangkal mulut. amandel atau dikenal dengan tonsil ini berada pada sisi kanan dan juga sisi kiri sehingga ketika membuka mulut lebar lebar maka amandel akan terlihat. Amandel adalah kelenjar yang memiliki fungsi sangat baik untuk tubuh yaitu untuk mencegah infeksi. tetapi fungsi amandel ini hanya berlaku pada anak anak usia sangat dini saja sebab kekebalan tubuhnya belum maksimal melindungi dari infeksi. karena itu, semakin bertambahnya usia maka amandel akan mengecil secara perlahan lahan.

Di saat kelenjar amandel tidak lagi berfungsi dengan baik, maka bisa di infeksi. pada awalnya fungsi amandel memang untuk mencegah infeksi, tetapi ketika sudah tidak lagi berfungsi bisa di infeksi. infeksi amandel juga disebut dengan Tonsilitis yang akan menyebabkan amandel membengkak. Kondisi amandel yang membengkak akan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga sulit menelan. Anak anak dan remaja lebih berpotensi untuk menderita amandel sebab mudah terinfeksi.

Penyebab Amandel (Tonsilitis)

Pembengkakan amandel (Tonsilitis) bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya infeksi. infeksi pada kelenjar amandel lah yang akan menyebabkan amandel membengkak. Infeksi bisa berasal dari virus atau pun dari bakteri. Untuk jenis bakteri yang menginfeksi amandel bisa berasal dari jenis bakteri streptococcus.

Ada pun virus yang bisa menyebabkan amandel (Tonsilitis) membengkak, seperti dari virus yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atau pun pada faring atau pita suara. Virus parainlfluenza menginfeksi amandel setelah menginfeksi saluran pernapasan dalam dan juga pada pita suara. Kemungkinan untuk menderita amandel sangat lah besar sebab posisi atau letak saluran pernapasan dan juga pita suara yang tidak berjauhan.

Ada pun virus yang paling umum menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh yaitu virus infleunza, berbeda dari sebelumnya yang menginfeksi saluran pernapasan bawah, apabila inflenza sering menginfeksi bagian atas atau hidung, meskipun pada bagian bawah pun juga bisa di infeksi. yang juga bisa menyebabkan amandel (Tonsilitis) ialah virus Rhinovirus, yang menyebabkan pilek. Gangguan kesehatan yang tidak jauh berbeda dengan flu, hanya saja disebabkan oleh virus yang berbeda. Masa inkubasi pilek pun juga lebih lambat dari pada flu. Kedua jenis virus ini bisa menginfeksi amandel atau tonsil sehingga membengkak dan menyebabkan terjadinya Tonsilitis.

Pada jenis virus lainnya yang menyebabkan amandel (Tonsilitis) dikarenakan oleh virus Rubeola, yang merupakan virus penyebab campak. Virus penyebab penyakit campak bisa menyebabkan amandel terinfeksi. sehingga tidak jarang anak anak yang menderita penyakit campak juga menderita pembengkakan pada amandelnya. Ada virus Adenovirus, merupakan jenis virus yang juga menyebabkan pembengkakan amandel (Tonsilitis), pada umumnya virus ini bisa menyebabkan penyakit diare. untuk itu jika mengalami diare sebaiknya diatasi.

Ada pun dua jenis virus lagi yang bisa menyebabkan amandel (Tonsilitis) yaitu pada virus Enterovirus dan juga pada virus Epstein-Barr yang bisa menyebabkan kelenjar demam. Karena ada banyak jenis virus yang bisa menginfeksi amandel maka lebih hati hati menjaga kesehatan tubuh. di saat kekebalan tubuh menurun, maka pembengkakan amandel akan lebih mudah terjadi.

Gejala Amandel (Tonsilitis)

Setelah ada infeksi virus maupun bakteri pada mulut dan menyebabkan amandel membengkak, maka akan ada gejala amandel yang akan dialami oleh penderitanya. seperti berikut gejala amandel (Tonsilitis) yang bisa terjadi :

  • Sakit tenggorokan disebabkan oleh amandel membengkak
  • Amandel yang membengkak pun akan berwarna merah
  • Sakit untuk menelan karena pembengkakan amandel
  • Nyeri pada telinga
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Mudah lelah
  • Demam
  • Sakit perut khususnya terjadi pada anak anak
  • Suara yang berubah menjadi serak, bahkan ada yang hilang suara
  • Kelenjar getah bening yang membengkak
  • Bau mulut
  • Ada bintik nanah dan merah pada amandel

Gejala Amandel (Tonsilitis) Pada Anak

Biasanya anak tidak mengatakan apa yang dirasakan, terlebih untuk anak balita yang masih belum mengerti dan belum berbicara dengan lancar, tetapi harus mengenali gejala yang bisa terjadi juga seperti :

  • Sering menangis
  • Tidak nafsu makan atau tidak ingin makan sebab sakit tenggorokan
  • Banyak air liur yang dikeluarkan

Gejala amandel (Tonsilitis) yang membengkak dikarenakan oleh infeksi virus cenderung lebih ringan, di bandingkan gejala yang muncul pada infeksi bakteri.

Pengobatan Amandel (Tonsilitis)

Amandel (Tonsilitis) sebenarnya bukan penyakit atau gangguan kesehatan yang terlalu serius sehingga tidak terlalu sulit untuk mengatasi amandel yang membengkak. Pengobatan amandel yang tidak terlalu parah sebenarnya tidak perlu menggunakan obat obatan, sebab amandel (Tonsilitis) akan sembuh dengan cepat dan dengan sendirinya. Paling lama amandel akan berlangsung satu minggu, dan setelahnya akan kembali bali lagi.

Agar proses penyembuhan lebih cepat maka mengobati amandel dengan menggunakan obat bisa dilakukan. pengobatan amandel (Tonsilitis) bisa dilakukan dengan bahan alami, seperti madu. Pada saat ada pembengkakan amandel maka bisa minum madu. Sebab madu bagus untuk mengatasi amandel yang membengkak secara alami. madu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan jauh lebih cepat. selain madu juga bisa dengan buah yang mengandung vitamin c. (BY:RM).

Amandel (Tonsilitis)

CARA PEMESANAN OBAT AMANDEL

Obat Amandel (LAMANDEL) Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi

Harga 2 Box Lamandel isi 24 Sachet = Rp.115.000,-

Obat Amandel Lamandel Baik Untuk Balita, Anak-anak dan Dewasa, Terdaftar di MUI dan BPOM

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Amandel, Minimum order 2Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Amandel Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Amandel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.