Penyebab Amandel Membengkak

Penyebab Amandel MembengkakAmandel merupakan salah satu bagian dari siste daya tahan tubuh yang lebih sering disebut dengan kelenjar getah bening. Tugas dari amandel ini adalah membantu membunuh kuman yang masuk lewat mulut dengan enzim pembunuh kuman yang ada didalam mulut. Sedangkan jika kita lihat, amandel mempunyai daerah yang mempunyai seperti celah-celah dan juga ada yang tidak. Fungsi dari celah yang terletak pada jaringan amandel tersebut adalah bertindak sebagai penangkal kuman. Dan unutk orang dewasa, jika kripti 2 dibuka, maka akan meliputi suatu daerah 295 cm2 dimana 45 cm2 yang meliputi pada daerah sekitar anak lidah. Dan didalam celah-celah tadi, banyak sel makrophag didalamnya serta sel-sel darah putih yang bertindak dalam membantu menangkap kuman dan juga bekerja dalam membunuh kuman.

Penyebab Amandel Membengkak

Penyebab Amandel Membengkak

Penyakit Amandel 

Penyakit amandel atau tonsilitis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan peradangan pada amandel yang biasanya diakibatkan karena serangan mikroorganisme didalamnya. Dan biasanya lebih sering dialami oleh anak-anak yang usianya adalah 5-15 tahun. Penyakit amandel, menurut waktu terjadinya adalah terbagi menjadi 2 yakni adalah tonsilitis akut dan juga tonsilitis kronis.

Penyebab Amandel membengkak bisa diakibatkan karena beberapa hal berikut ini :

  1. Penyebab amandel membengkak pada 70% anak adalah akibat dari infeksi virus, dan begitu juga dengan 90% orang dewasa yang diakibatkan oleh virus
  2. Penyebab amandel membengkak untuk anak 30% akibat dari streptokokus hemolitikus, sedangkan untuk orang dewasa biasanya terjadi sekitar 10%. Jenis dari virus ini adalah sterptokokus β hemolitikus, streptokokus viridians, dan juga steroptokokus piogenes. Bakteri yang menjadi penyebab dari terjadinya tonsilitis akut adalah akibat dari stafilokokus, penumonia, dan juga akibat yang lainnya.

Penyebab amandel membengkak adalah untuk penderita alergi yang sering mengalami kambuhan karena jika tidak dikendalikan dengan baik penyakit alerginya maka akan menyebabkan sistem daya tahan tubuh menjadi semakin menurun dan lama kelamaan akan menyerang saluran pernapasan. Jika infeksi batuk, pilek, dan juga mengalami demam dalam setiap bulannya atau paling tidak 1 bulan 2 kali. Maka hal ini akan menyebabkan tonsil atau amandel mengalam pembesaran, dan biasanya akan menyebabkan sistem pernapasan menjadi terganggu dan akan mengalami masalah susah tidur.

Untuk banyak kasus yang terjadi, disaat penyebab amandel membengkak untuk penderita alergi dikendalikan, maka sistem daya tahan tubuh mereka akan semakin membaik sehingga resiko dari terjadinya infeksi saluran napas akan bisa dikendalikan dan menurun. Sebaliknya jika masalah alergi sulit unutk dikendalikan maka hal ini akan beresiko dari terjadinya infeksi yang berulang dan akan menjadi salah satu penyebab amandel membengkak. Selain itu, resiko sinusitis yang semakin meningkat dan juga resiko sakit telinga atau otisis media juga akan semakin mengalami peningkatan.

Gejala dan tanda dari penyebab amandel membengkak adalah :

  1. Tenggorokan yang terasa keriing, terasa seperti mengganjal pada tenggorokan
  2. Nyeri disaat sedang menelan sehingga membuat penderitanya menjadi malas makan.
  3. Nyeri yang terasa di bagian leher serta telinga
  4. Mengalami demam, sakit kepala, dan juga menggigil, lemas, serta mengalami nyeri sendi
  5. Disertai dengan batuk, pilek, dan suara serak, bau mulut, nyeri perut, dan terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening.
  6. Mendengkut disaat sedang tidur
  7. Jika dilakukan pemeriksaan, maka akan ditemukan pembesaran dari amandel atai tonsil, warnanya merah, dan kadang juga disertai dengan timbulnya bercak putih pada permukaan tonsil, warna kemerahan yang berarti mengalami peradangan di amandel dan juga daerah tenggorokan.

Komplikasi dari penyakit amandel adalah :

  1. Walaupun jarang terjadi, penyakit amandel akut ini akan menimbulkan suatu komplikasi yang lokal terjadi yakni adalah seperti abses pertonsil, abses parafaring, dan juga otitis media akut.
  2. Komplikasi lainnya yang terjadi adalah yang bersifat sistemik yang akan menjadi penyebab terjadinya kuman streptokokus beta hemolitikus yang berbentuk seperti sepsis dan juga infeksinya yang mengalami penyebaran menuju ke organ yang lain misalnya adalah seperti bronkus atau penyakit bronitis, ginjal yang akan menyebabkan nefritis akut, dan glomerulonefritis, dan penyakit jantung, serta lainnya.

Pencegahan yang dilakukan pada penyakit amandel adalah tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan. Pencegahan baisanya dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dari penularan infeksi pada rongga mulut dan juga tenggorokan yang pada akhirnya akan menjadi pemicu dari terjadinya infeksi amandel. Tetapi, usaha dan pencegahan yang bisa dilakukan agar penyebab amandel membengkak tidak berulang terjadi adalah :

  1. Cucilah tangan dengan sesering mungkin supaya bisa membantu mencegah terjadinya penyebaran dari mikro organisme yang bisa menjadi penyebab tonsilits
  2. Menghindari kontak langsung dengan si penderita sakit tenggorokan, paling tidak sampai 24 jam setelah penderita penyakit tenggorokan sudah mendapatkan obat antibiotika.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tonsilektomi yakni adalah operasi pengangkatan dari amandel. Operasi ini adalah salah satu cara operasi THT-KL yang lebih sering dilakukan untuk anak-anak. Untuk para ahli yang sepenuhnya masih belum sependapat mengenai indikasi dari tonsilektomi ini, tetapi sebagian besar memberikan alasan adalah tonsilektomi merupakan salah satu indikasi absolut dan juga indikasi yang relatif.

Penyebab Amandel Membengkak

CARA PEMESANAN OBAT AMANDEL

Obat Amandel (LAMANDEL) Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi

Harga 2 Box Lamandel isi 24 Sachet = Rp.115.000,-

Obat Amandel Lamandel Baik Untuk Balita, Anak-anak dan Dewasa, Terdaftar di MUI dan BPOM

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Amandel, Minimum order 2Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Amandel Untuk Mengobati Amandel, Pengobatan Amandel Tanpa Operasi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Amandel and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.